Selasa, 26 Oktober 2010

Susu kambing Menjaga kekebalan tubuh dan atasi kekurangan darah



Pernahkan anda membayangkan minum susu kambing???pasti anda akan bergidik membayangkan bau kambing. Pasti anda juga membayangkan susu kambing amis dan membuat eneg. Bisa dipastikan anda akan memilih meminum susu sapi daripada susu kambing. Walau kelihatannya susu ini begitu populer di mata masyarakat, ternyata susu kambing mempunyai segudang manfaat untuk tubuh anda. Apa saja???
Dibandingkan susu sapi, susu kambing kalah populerdan kurang mendapat perhatian masyarakat.Tetapi saat ini orang mulai beralih mengonsumsi susu kambing karena dianggap mengandung banyak khasiat untuk ksehatan dan kecantikan. Dr. dr.Saptawati Bardosono, MSc, dari fakultas kedokteran Indonesia mengatakan manfaat susu dalam aspek gizi merupakan sumber penting dari zat protein hewani aling bagus selain telur.”Susu kambing mengandung sumber mineral kalsium, kalau minum susu tulang menjadi kuat. Kita tahu protein dibutuhkan anak-anak untuk masa pertumbuhan, dan bisa untuk menggantikan sel kita yang rusak dan mati sehingga terlihat sehat dan cantik,”jelasnya.
            Kandungan kadar nutrisi dan khasiat susu kambing amat istimewa, komposisi gizinya baik dari segi protein, energy, kalsium, maupun lemak, mendekati komposisi ASI (Air Susu Ibu). Kandungannya sama dengan susu sapi, hanya saja susu kambing tidak mengandung kadar asam folat, salah asatu kelompok vitamin B yang penting untuk mencegah kekuranagn darah pada ibu hamil.”asam folatpada kehamilan harus cukup , karena kalau tidak tercukupi anak yang dikandung bisa mengalami kelainan bawaan tulang belakang. Asam folat juga dibutuhkan untuk orang produktif, untuk kesehatan jantung,”jelas dr. tati, sapaan akrab saptawati. Selain itu susu kambing juga mengandung zat besi, kalsium, fosfor, dan magnesium,, yang dibutuhkan untuk memineralisasi tulang, agar membentuk tulang yang kuat karena lebih cepat diserap ketimbang susu sapi.
            Susu kambing mengandung 3-4% protein, lemak 5-7%, karbohidrat 4,5%,Ca 134 gr, dan rotein 111 gr/100 ml susu. Molekul lemak susu kambing pun jauh lebih kecil dan homogen, sehingga lebih mudah dicerna tanpa menimbulkan diare. Susu ini bebas lactose intolarence (kepekaan terhadap laktosa penyebab diare. Karena itu, susu kambing cukup potensial bagi perbaikan nutrisi.
            Susu kambing juga mengandung oligosaccharides, merupakan jenis karbohidrat, yang ternyata sangat bagus untuk pengobatan penyakit usus besar.”enyakit-penyakit pencernaan bagsu sekali kalau minum susu kambing, seperti maag, lambung, tukak lambung, infeksi pada usus,”ujar dr. tati. Menurutnya susu kambing mengandung asam lemak rantai pendek yang bernama asam karpoat. Asam ini mempunyai kelebihan anti mikroba, yang artinya dia bisa melindungi tubuh dari seranganan jamur, virus, dan bacteria di dalam usus. Karena itulah susu kambing bisa diminum mentah tanpa menyebabkan diare. Susu kambing secar homogenisasi sedemikian rupa sehingga bisa diminum mentah.”Malah susu kambing ini tidak dianjurkan untuk dimasak,”lanjutnya.
            Kesehatan susu kambing bila ditelaaah secara ilmiah, boleh diminum mentah dan tidak menimbulkan efek negative karena mengandung asam lemak rantai pendek. Namun susu kambing ini tidak boleh dikonsumsi mentah pada ibu yang sedang hamil.” Itu yang harus kita hati-hati, pada ibu hamil mungkin daya tahannya tidak begitu baik sehingga tidak menganjurkan memberis susu kambing,”ingat dr. Tati.
            Adapun keunggulan susu kambing untuk kesehatan tubuh antara lain :
·         Menghasilkan energi, asam lemak yang terdapat pada susu kambing dapat diubah untuk cepat menghasilkan energi   yang dibutuhkan tubuh. Berbeda dengan asam lemak lain yang harrsu melaulai jalur metabolism yang panjang dengan menggunakan garam empedu didalam tubuh untuk bisa menjadi energy.”kalau dikatakan dapat menghacurkan lemak, mungkin karena bukan susu kambing ini asam lema nya langsung bisa menghasilkan energi, maka dia tidak sempat membentuk kolestrol. Jadi kalau ada minum susu kambing dengan dietrendah kolestrol, brarti kolestrolnya terjaga,”ungkapnya.
·         Pembentukkan pertahanan dan kekebalan tubuh. Untuk mencegah agar tubuh tidak mudah sakit.
·         Kurang darah, mereka yang kurang darah meminum susu kambing kadar hemaglobinnya akan cepat pulih. dr. tati menjelaskan apabila dilihat dari komposisi, susu kambing mempunyai zat besi yang lumayan banyak bial dibandingkan susu sapi.”susu sapi sekitar 0,1 mg, ASI 0,2 mg, susu kambing 41 mg. Diabsorsinya juga banyak, jadi cepat sekali darah itu membaik,”ujarnya. 
·         Anti mikroba, ia bisa melindungi tubuh dari kuman yang ada didalam perut. Bagi mereka  yang menderita sakit tukak lambung yang tak kunjung sembuh ternyata dengan minum susu kambing ada perbaikan.
Selain dianjurkan diminum bagi mererka yang menderita penyakit TBC,asma, anemia, hepatitis, kram otot,serta aman bagi tubuh dan dapat menetralisir asam lambung, menambah vitalitas dan daya tahan tubuh, mengantisiasi masalah imotensi dan mengoptimalkan ertumbuhan pada anak. Begitu banyaknya manfaat susu ini sehingga dianjurkan unruk dikonsumsi teratur.

Cara mengkonsusmsi susu kambing
Konsumsi susu kambing ini, menurut Dr. dr.Saptawati Bardosono, MSc, dari fakultas kedokteran Indonesia tergantung pada pola makan kita sehari-hari.”Biasanya susu digunakan sebagai penyempurna makanan pokok kita, empat sehat lima sempurna. Apakah diminum setelah makan, ataukah diminum diantara waktu makan, antara makan pagi dengan makan siang dengan makan malam atau bahkan sebelum tidur. Fungsinya sebagai substitusi susu lain,”jelasnya.
 Cara penyajian susu kambing mudah. Rendam susu beku kedalam air hangat dan ganti air yang sudah dingin dengan air hangat lagi. Demikian berulang-ulang samapi susu mencair dan dalam keadaan hangat dan segera langsung diminum. Sebaliknya, susu tidak direbus kecuali untuk bayi berumur hingga enam bulan. JIka direbus, culu selama 15 detik dengan suhu 70oc, sambil diaduk-aduk. Adaun dapat mengolah susu kambing ini menjadi aneka minuman yang menggugah selera.
Saran penyajian dan dosis:
·         Menjaga kesehatan: setiap hari satu bungkus untuk waktu tidak terbatas.
·         Membantu pengobatan: Setiap hari dua bungkus pagi dan sore sebelum makan. Untuk penyakit ringan diminum selam lebih kurang satu hinggadua bulan.
·         Penyakit berat: Diminum selama lebih kurang tiga hingga empat bulan. Setelah sembuh, disarankan untuk terus mengkonsumsi satu bungkus untuk menjaga kesehatan.
Tips. dr. tati bagi mereka yang mau mengkonsumsi susu kambing:
1.      Sebaiknya kita mengetahui sistem pemerahan, yang sebaiknya dalam kondisi steril dan baik,”walaupun susu kambing ini baik dan sudah siap diminum, tapi saat mengambil dan diperah wadahnya tidak bersih, tentunya susu kambing terkontaminasi. Jadi nanti yang disalahkan susu kambingnya, padahal bukan karena itu. Kita harus tahu dimana dan bagaimana produksi susu kambing itu, prosesnya sampai ketempat kita bersih atau tidak,”.ujar dr. tati. Memang kita tidak mengetahui ketika susu kambing sudah diprosese dalam bentuk kemasan. Ia un menganjurkan apabila kita mempunyai waktu yang cukup , berkunjunglah kepeternakan kambing tersebut. Yang enting kita yakin atau biasa diyakinkan oleh orang bahwa susu kambing tersebut bersih dan bagus, karena kita minumnya mentah.
2.      Susu ini perlu dicoba pada orang-orang yang memang mengalami ganguan kesehatan. Tetapi harus hati-hati karena susu kambing ini memiliki lemak yang sangat tinggi,”memang kalau orang obesitas itubisa minum susu kambing tetapi yang terpenting dai tetap harus diet rendah kolestrol,”tambahnya. Jadi, mulai lah beralih ke susu kambing. 


Sumber : Majalah Info Kecantikan edisi 1 Thn II 17-30 september 2007

Tidak ada komentar: